Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Gawai terbaru, Samsung Galaxy Z Flip adalah smartphone flip dengan layar 6,7 inci yang bisa dilipat menjadi dua. Keunikannya menarik banyak orang, dan demikian juga dengan harganya. Harga Samsung Galaxy Z Flip lebih mahal dari Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus, dan hampir sama dengan Galaxy S20 Ultra.

Samsung Z Flip menawarkan konsep baru yang berani dibanding kebanyakan smartphone yang terkesan tradisional saat ini. Samsung mengatakan Z Flip adalah ponsel layar penuh yang pas di saku. Seberapa hebat spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip?

Cek Juga: Macam macam hp samsung

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

samsung galaxy z flip

Desain Tak Umum

Desain Galaxy Z Flip membuatnya jauh lebih mudah untuk dipegang dan dikantongi daripada smartphone biasa. Ini adalah ponsel yang pas untuk pengguna dengan tangan kecil dan saku jaket yang ketat. Samsung Galaxy Z Flip terlihat lebih mirip dengan telepon tradisional.

Dimensinya 167 x 74 x 7.2mm ketika terbuka, dengan bagian atas layar mampu melipat (atau lebih tepatnya membalik) ke bawah bagian bawah seperti ponsel clamshell klasik untuk membuat bentuk persegi yang ringkas dan jauh lebih mudah dikantongi (87 x 74 x 17mm). Ya, karena tapaknya yang kecil, Z Flip lebih ringan untuk spesifikasi dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra.

Perbedaan yang jelas antara tipe hp samsung ini dan ponsel lipat pertama Samsung, Galaxy Fold yaitu bagian dalam layar Z Flip dapat ditekuk yang membentang dari atas ke bawah.  Galaxy Z Flip bergaya candybar dan ketika dibuka, diagonal layar Full HD + sebesar 6,7 inci dengan rasio aspek 12,9: 9. Kemudian ketika terlipat, layar Sampul 1,1 inci kecil di bagian depan dikemas untuk menampilkan hal-hal mendasar seperti notifikasi pesan, jam dan persentase baterai. Ketika menerima panggilan, nama penelepon pun akan muncul di layar kecil ini.

Ponsel samsung z flip berfungsi sangat baik untuk melakukan panggilan video ketika dalam posisi setengah terlipat yang bertindak sebagai tripod dadakan di atas meja. Pada bagian lipatan layar, Samsung menggunakan kaca tipis untuk menutupi layar bagian dalam. Moto Razr, Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X semuanya menggunakan layar plastik yang rentan terjadinya kerusakan.

Layar Galaxy Z Flip terbuat dari ‘Ultra Thin Glass’ buatan Samsung yang terasa halus saat disapu dengan ujung jari. Kaca super tipis tersebut mirip dengan Corning Gorilla Glass, yang biasanya ditemukan pada ponsel non-lipat. Lebih penting lagi, Kaca Ultra-Tipis itu terasa cukup awet, dan ketika diketuk pun terasa cukup keras. Ponsel ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu Mirror Black, Mirror Purple dan Mirror Gold.

Saat pengguna menerima pesan, mereka harus mengambil upaya ekstra dalam membuka lipatan layar sebelum bisa membalasnya. Bergantung pada seberapa mahir pengguna dalam membuka Flip dengan satu tangan. Z Flip cukup kuat sehingga pengguna pun bisa mengibaskannya untuk mempercepat proses membuka layar tanpa khawatir akan mematahkan engselnya.

Samsung menggambarkan mekanisme engsel sebagai “sistem lipat freestop,” yang merupakan cara ponsel dapat dilipat agar tetap terbuka di sudut manapun. Berbeda dengan Razr, yang hanya dapat digunakan sepenuhnya terbuka atau tertutup, engsel Z Flip menawarkan sudut bukaan dari nol hingga 180 derajat. Engsel yang kokoh membuatnya mudah untuk memposisikan Z Flip seperti laptop kecil dan menyesuaikan setengah bagian atas layar dengan sudut pandang apa pun yang diinginkan.

Setelah pengguna melipat Flip ke sekitar 120 derajat atau lebih kecil, “Mode Flex” akan membagi antarmuka menjadi dua untuk penggunaan yang lebih intuitif. Di aplikasi Galeri, misalnya, Mode Flex menempatkan foto di bagian atas dan mengubah panel bawah menjadi area seperti trackpad sehingga pengguna dapat menggeseknya secara horizontal untuk menggulirkan gambar. Mode Flex hanya berfungsi untuk fungsi Galeri, Kamera, Always On Display dan Duo untuk saat ini. Namun Samsung mengatakan memiliki SDK untuk pengembang dan itu akan bekerja dengan Google untuk membuatnya lebih kompatibel dengan Android secara keseluruhan.

Layar Samsung Galaxy Z Flip Fleksibel AMOLED

Layar utama Galazy Z Flip adalah panel kaca AMOLED fleksibel 6,7 inci dengan resolusi 2636×1080 piksel. Memiliki rasio ppi (piksel per inci) yang lebih rendah daripada Samsung Galaxy S20 yang baru saja diumumkan (425ppi dibandingkan dengan 566ppi). Dengan kata lain, membeli ponsel yang funky dan dapat dilipat dibanding flagship ‘standar’ artinya konsumen mendapatkan layar yang lebih besar tetapi beresolusi lebih rendah.

Layarnya muncul dengan warna cerah dan menjadi ukuran yang menyenangkan ketika digunkan untuk menonton video saat bepergian berkat aspek rasio sinematik 21.9: 9. Selain berfungsi sebagai satu layar besar, pengguna sebenarnya dapat melakukan fungsi yang berbeda di setiap sudut bukaan layar dengan aplikasi tertentu yang kompatibel. Misalnya, dengan YouTube Anda dapat menonton video di bagian atas dan mengomentari apa yang Anda tonton di bagian bawah.

Hp Samsung Z Flip punya Kamera Standar

Ketika mencermati fitur kamera, Galaxy Z Flip hanya memiliki sepasang lensa di bagian belakang yang tentu saja tak bisa dibandingkan dengan kamera yang ditawarkan Galaxy S20 Ultra. Kedua sensor kamera utama itu adalah sensor 12 MP F2.2 Ultra Wide dan 12 MP F1.8 wide-angle. Pasangan sensor 12-megapiksel menawarkan bidang pandang 78 derajat serta sudut lebar 123 derajat. Gambar yang dihasilkan kamera utama cukup standar untuk perangkat Samsung yaitu penuh warna dan juga tajam.

Samsung Z Flip mampu merekam HDR10 +, dan juga terinstal mode perangkat lunak AI Samsung yang baru di antaranya adalah Single Take. Ambil video pendek dan dalam mode Single Take akan secara otomatis membuat koleksi kecil foto dan klip video terbaik. Sementara untuk kamera depan mengandalkan sensor 10MP.

Baca Juga:

Chipset Kuat

Untuk pasar Amerika dan Inggris, Galaxy Z Flip mengaplikasikan chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus 2019. Hanya ada satu varian Galaxy Z Flip yang datang yaitu versi 8GB RAM dan 256GB penyimpanan internal. Tidak ada slot microSD yang tersedia. Perangkat lunak untuk Galaxy Z Flip sudah mengadopsi Android terbaru v.10 dengan Samsung One UI 2.1.

Tentu saja, Galaxy Z Flip dilengkapi dengan beberapa aplikasi khusus yang tidak dimiliki oleh smartphone Samsung lainnya misalnya mode tabel di aplikasi kamera, dan juga  kemampuan multitasking khusus. Karena rasio aspek layar mencapai 21,9: 9, pengguna hanya dapat menjalankan dua aplikasi secara paralel dan bukan tiga sebagaimana pada Galaxy Fold.

Dibandingkan dengan Motorola Razr yang hampir sama mahal, Samsung mengeluarkan senjata berat. Snapdragon 855+ dengan 8 GB RAM dan 256 GB penyimpanan internal sanggup menyajikan kinerja yang sangat handal. Untuk pemakaian sehari-hari maupun mendukung produktifitas dirasa Galaxy Z Flip tak akan memberikan masalah sama sekali.

Daftar Spesifikasi Samsung Z Flip Lengkap

JaringanTeknologiGSM / HSPA / LTE
RilisRilis2020, February 11
StatusAvailable. Released 2020, February 14
BodiDimensionsUnfolded: 167.3 x 73.6 x 7.2 mm
Folded: 87.4 x 73.6 x 17.3 mm
Weight183 g (6.46 oz)
BuildPlastic front, glass back (Gorilla Glass 6), aluminum frame
SIMNano-SIM, eSIM
Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
LayarTypeFoldable Dynamic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size6.7 inches, 101.6 cm2 (~82.5% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2636 pixels (~425 ppi density)
HDR10+
Cover display: 1.1″, Super AMOLED, 112 x 300 pixels
Sistem Operasi dan Dapur PacuOSAndroid 10.0; One UI 2
ChipsetQualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
CPUOcta-core (1×2.95 GHz Kryo 485 & 3×2.41 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640 (700 MHz)
MemoriCard slotNo
Internal256GB 8GB RAM
UFS 3.0
Kamera UtamaDual12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µm
FiturLED flash, HDR, panorama
Video2160p@30/60fps, 1080p@60/240fps, 720p@960fps, HDR10+
Kamera DepanSingle10 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1.22µm
FeaturesHDR
Video2160p@30fps
SuaraLoudspeakerYes
3.5mm jackNo
32-bit/384kHz audio
Tuned by AKG
KoneksiWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direc, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
FiturSensorsFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BateraiNon-removable Li-Po 3300 mAh battery
ChargingFast charging 15W
Wireless charging
Lain-lainWarnaMirror Black, Mirror Purple, Mirror Gold, Thom Browne Edition
ModelsSM-F700, SM-F700F, SM-F700F/DS, SM-F700U/DS, SM-F700U1/DS, SM-F700N, M-F7000

Harga Samsung Galaxy Z Flip

Animo orang Indonesia pada Hp lipat terbaru Samsung ini pun sangat besar. Itu terlihat saat kanal pre-order dibuka, hanya dalam waktu sekitar satu jam saja sudah habis terpesan. Pihak Samsung Indonesia pun segera mengisi stok kembali agar konsumen bisa mulai memesannya lagi. Harga Samsung Galaxy Z Flip sendiri tak main-main, pihak vendor membanderolnya sebesar Rp 21.888.000 yang dapat dibeli di web Galaxy Launch Pack.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.