Kuota Gratis dari Pemerintah

Cara mendapatkan Kuota Gratis dari PemerintahSemuaTipe.com, Di masa pandemi ini, segala sesuatu dilakukan dengan online termaksud pengajaran dan pembelajaran. Kebijakan pembelajaran daring atau Pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai diberlakukan karena untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Untuk memudahkan pembelajaran, pemerintah memberikan kuota gratis.

Kuota gratis dari pemerintah sudah disalurkan sejak 22 Oktober 2020 dan diberikan kepada siswa/mahasiswa, guru mulai dari tingkatan pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi. Pembagian kuota gratis dibagi menjadi dua kali dalam pencairan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan dana sebesar Rp. 7,2 T untuk subsidi bantuan kuota gratis ini.

Jumlah kuota internet gratis berbeda di setiap tingkatan satuan pendidikan. Pemerintah bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membagikan kuota gratis dengan semua operator telkomsel, indosat, xl, axis, tri, smartfren dan berikut cara memastikan kuota gratis tersebut sudah masuk atau belum?

Daftar, Syarat dan Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah

kuota gratis dari pemerintah
cara dapat dan cara cek kuota gratis dari kemendikbud

Sebelumnya anda harus tahu cara untuk mendapatkan kuota gratis bagi seluruh pendidik dan pelajar di jenjang PAUD hingga SMA.

  1. Pastikan nomor telepon yang akan didaftarkan masih aktif
  2. Menyerahkan nomor ke pihak yang bertanggung jawab di sekolah seperti operator
  3. Selanjutkan pihak sekolah akan mengupload data anda ke aplikasi Dapodik yang sudah tersedia

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen caranya hampir sama yaitu memiliki nomor telepon yang aktif kemudian nomor tersebut diserahkan ke PPDikti atau Pangkalan Data Perguruan Tinggi masing-masing dan kuota akan langsung masuk setelah dilakukan penginputan data di aplikasi PDDikti.

Untuk mendapatkan bantuan kuota gratis dari pemerintah, pihak pendidikan harus memenuhi beberapa syarat yang diberlakukan.

  1. Siswa dan mahasiswa harus terdaftar di sekolah/ perguruan tinggi tersebut
  2. Memiliki nomor telepon yang aktif di semua operator

Cara Cek kuota Gratis dari Pemerintah di berbagai operator

Setelah memastikan semua syarat dan sudah dilakukan pendaftaran, kamu akan langsung mendapatkan kuota gratis yang segera dikirimkan ke nomor yang kamu gunakan untuk pendaftaran tadi. Lalu bagaimana cara mengeceknya?

  1. Cara mengecek operator indosat

Kamu bisa mengecek dengan menggunakan dua cara. Pertama lakukan pengecekan kuota gratis indosat dari kemendikbud dengan cara mengirim pesan yaitu Usage di SMS kemudian kirimkan ke 363. Kamu akan langsung mendapatkan laporan jumlah kuota yang didapatkan.

Selanjutnya cara kedua bisa langsung dengan aplikasi MyIM3, masukkan nomor telepon di aplikasi yang sudah di download dan melakukan verifikasi. Otomatis rincian kuota internet gratis bisa langsung dilihat di aplikasi tersebut.

  1. Operator telkomsel

Hampir mirip dengan operator indosat, kamu bisa cek langsung kuota gratis telkomsel dari kemendikbud di aplikasi My Telkomsel atau langsung ke pengecekan kuota otomatis dengan menekan *888#.

  1. Operator Tri

Tidak hanya indosat dan telkomsel, kamu yang memiliki nomor tri bisa juga mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan kuota gratis. Cara untuk mengecek kuota gratis 3 dengan menekan *123*10*3# atau langsung dengan aplikasi Bima+.

  1. Operator XL

Cara mengecek kuota internet gratis xl dengan melakukan panggilan ke *123# atau menggunakan aplikasi myXL yang bisa diunduh di play store.

  1. Operator Axis

Cara mengecek kuota gratis axis dari pemerintah adalah sama dengan langkah kartu xl di atas, karena operator ini sudah jadi milik xl axiata. Silakan lakukann panggilan dengan ketik kode *123# atau via aplikasi myXL yang bisa didownload di play store.

  1. Operator Smartfren

Pengguna terakhir adalah smartfren. Kamu bisa langsung cek kuota gratis smartfren yang kamu dapatkan dari kemendikbud dengan ketik kode dan telpon ke *995#. Tunggu beberapa saat informasi akan anda dapatkan.

Pembagian kuota gratis Kemendikbud

Penyaluran kuota gratis dari pemerintah ini akan dilakukan dengan beberapa tahapan. Berdasarkan peraturan dari Sekretaris Kemendikbud No. 14 Tahun 2020 yang berkaitan dengan petunjuk teknis bantuan internet gratis dibagi dalam dua jenis penggunaan. Pertama berbentuk kuota umum dan juga kuota belajar.

Kuota umum bisa digunakan untuk mengakses ke seluruh platform atau aplikasi yang diinginkan sedangkan kuota belajar lebih terbatas. Kamu hanya bisa masuk ke aplikasi atau laman pembelajaran yang tersedia. Untuk daftar aplikasi bisa di cek di kuota-belajar.Kemdikbud.go.id terdapat 19 aplikasi dengan 15 platform video, 22 situs pembelajaran dan 401 situs yang ada di kampus.

Anda bisa mengakses cakap, duolingo, Edmodo, Zenius  dan lain-lain. Video conference seperti Zoom, Google meet dan lain-lain sedangkan website yang bisa di akses juga antara lain bse.kemdikbud.go.id, kelaspintar.id dan lainnya.

Rincian Kuota Gratis dari Kemendikbud

Rincian kuota gratis dari kemendikbud yang diberikan berbeda untuk setiap jenjang pendidikan tetapi durasi bantuan sama yaitu 4 bulan, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Jenjang PAUD

Mendapatkan 20 GB tiap bulan dengan rincian 5 GB kuota umum serta 15 GB kuota belajar.

  1. Pendidikan Dasar dan Menengah

Pada jenjang pendidikan SD-SMA mendapatkan 35 GB/ bulan dengan pembagian 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

  1. Dosen dan Mahasiswa

Untuk jenjang yang lebih tinggi mendapatkan 50 GB/bulan dengan pembagian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar sebanyak 45 GB.

Demikianlah informasi tentang cara pengecekan kuota gratis hingga rincian kuota yang didapatkan. Pastikan kamu menggunakan bantuan ini dengan baik selama masa pandemik. Jika kamu belum mendapatkan bantuan kuota gratis dari kemendikbud, bisa langsung ke bagian operator dan petugas berwenang di sekolah/perguruan tinggi masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.