Kehebatan Kamera Galaxy S20 Ultra, Ponsel Flagship Terbaru Samsung

Terukir di bagian belakang ponsel baru Samsung, Galaxy S20 Ultra, adalah kata-kata : “Space Zoom 100X.” Space Zoom mungkin terasa berlebihan untuk menggambarkan kemampuan ponsel flagship Samsung terbaru ini. Anda tidak dapat memperbesar dan melihat semua galaksi nun jauh di sana. Namun Anda dapat memperbesar subjek hingga 100X dari aplikasi kamera. Itulah salah satu spesifikasi andalan Samsung Galaxy S20 Ultra yang baru saja dirilis Samsung, awal Februari 2020 ini.

Sebagian besar tipe smartphone dengan lensa zoom yang beredar di pasaran saat ini hanya menawarkan 2X optical zoom. Ini tidak membuat Anda lebih dekat ke objek dibandingkan dengan lensa standar. Tentu, Anda dapat memperbesar lebih jauh dari 2X tetapi Anda harus menggunakan zoom digital, yang akan mengurangi kualitas gambar.

Kemampuan memperbesar objek hingga 100 kali itu memang perkalian dari pembesaran optical 10X dan digital 10X. Anda dapat mengambil bidikan anak Anda dengan lebih jelas ketika recital misalnya, kendati duduk di bangku paling belakang. Anda pun dapat mengambil gambar bintang idola saat konser, bahkan jika Anda hanya duduk di kursi balkon.

samsung galaxy s20 ultra

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra

Ada harga yang harus dibayar dengan kemampuan S20 Ultra ini. Harga Samsung Galaxy S20 Ultra ditawarkan sebesar $ 1.400 atau sekitar Rp.18 jutaan bila dirupiahkan. Samsung pun memboyong dua smartphone baru lainnya yaitu Galaxy S20 dengan harga $ 1.000 (sekitar Rp.14 jutaan) dan Harga Galaxy S20 Plus dengan label $ 1.100 (sekitar Rp.15,5 jutaan).

Hanya saja konsumen tidak akan mendapatkan tingkat pembesaran kamera 100X. Ketiganya dikemas hingga sarat dengan inovasi terbaru, mulai dari fitur merekam video 8K, konektivitas internet di jaringan 5G hingga kecepatan refresh layar yang mencapai 120 Hz sehingga sangat nyaman di mata.

Layar Sempurna dengan Refresh Rate 120 Hz

Layar Galaxy S20 reguler berukuran 6,2 inci, lalu Galaxy S20 Plus adalah 6,7 inci, sementara S20 Ultra menawarkan layar paling besar mencapai 6,9 inci. Bezel yang mengelilingi layar telah banyak dipangkas untuk mempersembahkan layar makin lebar.

Juga, sekarang ada lubang di bagian tengah-atas layar (punch hole) untuk kamera selfie yang mirip dengan penempatan kamera depan pada Samsung Note 10. Tapi yang paling menarik dari layar adalah kecepatan refresh 120 Hz.

Sebagian besar ponsel hanya menawarkan layar dengan refresh rate 60 Hz. Itu artinya layar di-refresh 60 kali per detik. Lebih tinggi hingga 90 Hz atau 120 Hz dibanding Google Pixel 4 atau iPad Pro. Inovasi ini akan terasa salah satunya saat pengguna menggulir halaman Twitter atau Instagram.

Ini bukan terobosan pertama kali sebab Razer Phone 2 sudah menawarkannya tahun lalu. Tetapi ini adalah peningkatan kualitas yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Untuk menghemat masa pakai baterai, Anda hanya dapat menggunakan 120 Hz pada resolusi layar 2.400 x 1.080; pengguna dikunci ke level 60 Hz jika mencoba menggunakan resolusi layar tertinggi 3.200 x 1.440.

Kehebatan Kamera 100 X Zoom Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti sudah disebutkan sebelumnya Zoom 100X bukanlah murni optical namun kombinasi dengan zoom digital. Namun zoom digital dengan nilai sebanyak ini jarang akan memberi Anda gambar yang layak dibagikan, terutama tanpa tripod.

kamera samsung galaxy s20 ultra

Sulit untuk menghindari foto buram sebab gerakan dan getaran tangan akan membuatnya jauh lebih buruk. Anda hanya akan menemukan pembesaran 100X pada S20 Ultra, sementara S20 dan S20 Plus hanya dapat diperbesar hingga 30X menggunakan lensa zoom 64 MP.

Ketiga ponsel ini memiliki tiga kamera inti: lensa utama, lensa sudut ultra lebar, dan lensa telefoto. Menggunakan sensor gambar yang lebih besar akan membantu menarik lebih banyak cahaya saat berada di lingkungan yang lebih gelap.

Kamera utama S20 Ultra memiliki sensor 108 MP, yang berarti foto resolusi tinggi tersebut akan memakan lebih banyak ruang penyimpanan. Dalam cahaya rendah, kamera dapat menggunakan proses yang disebut pixel binning, yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu untuk menyerap lebih banyak cahaya, menghasilkan foto 12-megapiksel yang lebih terang.

Yang baru dalam aplikasi kamera diantaranya adalah mode yang disebut Simple Take, yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ke subjek, dan dengan bantuan kecerdasan buatan, kamera mengambil banyak gambar ketika dianggap ada momen yang menyenangkan ala Google Clip.

Jika Anda memotret dalam mode 8K, Anda dapat mengunggah video ke YouTube dalam resolusi penuh atau menurunkannya menjadi 4K atau 1080p. Ada juga peningkatan pada kemampuan stabilisasi video serta sejumlah fitur baru video lainnya.

Cek Juga:

Internet 5G

Spesifikasi Galaxy S20 Ultra yang juga diandalkan adalah fitur jaringan 5G. Samsung kini sudah tergerak untuk membuat ponsel 5G pertama yang bekerja pada banyak operator. Tahun lalu, ponsel 5G Samsung terkunci, sehingga produk Galaxy Note 10 Verizon 5G untuk pasar Amerika tidak dapat berfungsi dengan operator T-Mobile.

Dengan interoperabilitas yang lebih baik, membeli ponsel 5G pastinya akan lebih masuk akal. Galaxy S20 mendukung sub-6, yang berarti dapat terhubung ke jaringan 5G jalur rendah dan menengah dari AT&T, Sprint, dan T-Mobile. Untuk diketahui, sub-6 adalah tipe jaringan internet yang memiliki kecepatan sedikit lebih cepat dari 4G dan jangkauan yang relatif luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.