Perbedaan Kamera Olympus OM-D E-M10 MARK III dan Olympus OM-D E-M10 MARK II

Semua Tipe Beda Kamera Olympus OM-D E-M10 MARK III dan OM-D E-M10 MARK II, Selain brand Fujifilm, Sony dan Canon, kamera Olympus juga menjadi salah satu brand kamera yang banyak orang elu – elukan. Ada banyak produk kamera dari Olympus yang sekarang ini bisa menjadi kamera andalan kita untuk dibawa kemana – mana.

Salah satunya yang seringkali orang – orang perbincangkan adalah antara Olympus OM-D E-M10 MARK III dan Olympus OM-D E-M10 MARK II. Mungkin Anda juga ingin tahu perbandingan dari keduanya?

Kamera Olympus OM-D E-M10 MARK II dirilis pada tahun 2015, sementara penerusnya Olympus OM-D E-M10 MARK III dirilis pada bulan Agustus 2017 yang lalu. Kamera Olympus tersebut merupakan lini high end dari Olympus yang ditujukan untuk para fotografer professional dan untuk kebutuhan komersial. Mengenai perbandingan keduanya, Anda bisa simak informasi tentang beda kedua tipe kamera tersebut di bawah ini!

Perbandingan Kamera Olympus OM-D E-M10 MARK III dan Olympus OM-D E-M10 MARK II

Perbedaan Kamera Olympus OM D E M10 MARK III dan Olympus OM D E M10 MARK II

Sensor yang digunakan pada Kamera Olympus Mark III dan Mark II

Secara keseluruhan, Anda tidak akan menemukan perubahan yang berarti dari kamera generasi terbaru Olympus OM-D E-M10 ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Keduanya masih akan menggunakan sensor CMOS dengan ukuran four thirds. Resolusi yang ditawarkan pun juga masih sama pada keduanya yaitu mencapai 16 MP.

Namun yang sedikit mengalami perbedaan adalah di lini prosesor yang digunakan. Pada Olympus OM-D E-M10 Mark III, prosesor yang digunakan adalah TruePic VIII sementara pada Olympus OM-D E-M10 Mark II, prosesor yang digunakan adalah TruePic VII.

Anda harus tahu bahwa TruePic VIII merupakan prosesor keluaran terbaru dari Olympus dimana prosesor tersebut digunakan pada Olympus OM-D E-M10 Mark II dan juga Olympus TG-5.

Prosesor tersebut merupakan varian prosesor yang memanfaatkan dukungan sistem dual quad core dengan empat buah CPU core dan empat buah image processing core yang dapat mendongkrak kecepatan pemrosesan gambar sampai dengan 3,5 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan TruePic VII yang dipakai pada Olympus OM-D E-M10 Mark III dan juga PEN-F. Prosesor canggih TruePic VIII juga akan memberikan foto terbaik di kondisi minim cahaya ketika Anda membidik suatu objek.

Titik autofocus pada Olympus OM-D E-M10 Mark II dan Mark III

Olympus OM-D E-M10 Mark II memiliki sebanyak 81 titik focus dimana jumlah ini tidak terlalu buruk. Namun, titik focus pada Olympus OM-D E-M10 Mark III ditingkatkan lebih baik yaitu sebanyak 121 titik yang tentu mampu memberikan hasil kualitas gambar yang semakin baik. Prosesor yang baru pada Olympus OM-D E-M10 Mark III sendiri menjanjikan algoritma yang lebih cepat sehingga AF dapat didapatkan lebih cepat jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Kualitas video pada Olympus OM-D E-M10 Mark II dan III

Salah satu pembaruan yang ditanam pada Olympus OM-D E-M10 Mark III adalah kemampuan merekam video 4K/ 24,25 atau 30p dengan variable bitrate 102 mbps. Fitur yang satu ini sebelumnya tidak ada pada Olympus OM-D E-M10 Mark II.

Kedua produk Olympus tersebut memiliki kemampuan juga untuk merekam video full HD sampai dengan kisaran 60 fps. Olympus OM-D E-M10 Mark III mampu menghasilkan video slow motion yang lebih baik dengan didukung resolusi 720p dengan kecepatan mencapai 120 fps.

Slow motion yang dihasilkan bahkan bisa mencapai 5x di bawah kecepatan normal. Akan tetapi pembaruan tersebut tidak diikuti oleh penyertaan input mikrofon atau output headphone yang menjadikan produk dari Olympus tersebut tidak mengalami perubahan di versi pendahulunya.

Grip Olympus OM-D E-M10 Mark II dan III

Secara sepintas, kamera Olympus Mark III terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan Olympus OM-D E-M10 Mark II dan lebih berat 20 gram. Hal ini menjadi sebuah perbedaan yang mencolok. Desain grip di bagian depan pada Olympus OM-D E-M10 Mark III juga dibuat lebih besar dimana perubahan tersebut merupakan pembaruan yang akan menjanjikan dan membuat kamera lebih nyaman ketika Anda pegang.

Itulah beberapa aspek yang menjadi pembeda antara kamera Olympus OM-D E-M10 Mark III dan Olympus OM-D E-M10 Mark II. Anda bisa pilih salah satu dari kedua produk terbaik Olympus tersebut sebagai teman fotografi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.