Review Kamera Mirrorless Olympus : Olympus E-M1X

Kamera Olympus merupakan brand kamera yang sampai saat ini masih menjadi pilihan fotografer professional untuk menghasilkan hasil bidikan terbaik. Olympus menghadirkan berbagai macam produk kamera, termasuk kamera mirrorless juga mudah Anda temukan.

Salah satunya kamera mirrorless dari Olympus yang dapat menjadi pilihan teman harian Anda adalah Olympus E-M1X. Seperti apakah kamera yang satu ini? Berikut Anda bisa simak review kamera mirrorless Olympus E-M1X dalam ulasan di bawah ini!

Review Kamera Mirrorless Olympus : Olympus E-M1X

Kamera Mirrorless Olympus E M1X

Body dan control Kamera Mirrorless Olympus E-M1X

Olympus E-M1X terbilang besar untuk ukuran kamera dari Olympus namun dibandingkan dengan kamera DSLR pro secara umum, kamera Olympus E-M1X masih cukup ringkas dan sangat ringan utamanya jika dipasangkan dengan lensa kamera yang ringan. Olympus E-M1X dirancang untuk dipasangkan dengan jajaran lensa Pro dari Olympus seperti halnya lensa prime dengan aperture f/1.2 dengan fitur bokeh atau terdapat lensa zoom f/2.8 yang sangat handal.

Lensa – lensa tersebut seimbang untuk kamera dengan body besar dan juga didukung Sync-IS untuk stabilisasi 7,5 stop. Tombol – tombol putarnya kini masuk ke body kamera yang terasa sangat kokoh dan juga sangat responsive tentu saja. Posisinya juga tertanam yang membuat tombol – tombol pada Olympus E-M1X lebih terlindungi dan juga minim resiko tersenggol.

Pada kamera mirorrless Olympus E-M1X, vertical gripnya dilengkapi dengan tombol putar dan shutter tersendiri. Juga terdaopat joystick kedua dimana menekan joystick tersebut akan mengembalikan titik – titik AF ke posisi semula di bagian tengah. Kita juga bisa mengaturnya agar titik AF bisa kembali ke posisi tertentu yang diinginkan ketika Anda mengubah orientasi di bagian body kameranya.

Dukungan mode dan fitur pada Kamera Olympus E-M1X

Tipe Kamera Mirorrless Olympus E-M1X mampu memberikan foto dengan resolusi sebesar 80 MP ketika kita mengabadikan foto dengan terpasang di bagian tripodnya. Dengan menggunakan Olympus E-M1X kita dapat memotret dengan high res shot tanpa tripod alias digenggam tangan.

Namun dengan mode handheld di high res shot, resolusi foto akan berkurang menjadi kisaran 50 MP. Hal tersebut menjadikan file foto 80 MP dari Olympus E-M1X tidak hanya direkam didalam format JPEG melainkan juga akan terekam dalam format raw dengan kisaran sebesar 7.776 x 10.368 pixels.

Dukungan smart AF dengan desain terbaru juga memungkinkan bagi pengguna dalam mengatur ukuran, bentuk dan juga penataan 12 titik tipe cross dengan memanfaatkan sistem grid yang terprogram. Jadi tentunya pengguna dapat membuat sendiri pola autofocus yang diinginkan pada akhirnya.

Hasilnya, Olympus E-M1X mampu memberikan sebanyak 7,5 stop stabilisasi gambar ketika Anda pasangkan dengan lensa compatible dengan modus Sync-IS yang mendukung seperti pada lensa Olympus 25 mm dengan aperture f1.2 PRO yang juga banyak dicoba kali ini.

Stabilisasi tersebut satu stop penuh lebih dibandingkan Olympus E-M1 Mark II yang mampu meminimalisir guncangan sampai dengan 5 stop. Bagi para videographer, hal tersebut menjadi kelebihan dan daya tarik lain untuk kemudian mereka memilih menggunakan Olympus E-M1X.

Olympus E-M1X dapat merekam dalam Cinema 4K pada putaran 24 fps sampai putaran 4K dan hingga 30 fps dan 1080p pada putaran 120 fps. Terdapat juga dukungan log video dengan profil OM-Log400 yang dapat memberikan fleksibilitas tinggi untuk tahap editing videonya.

Dukungan performa untuk Camera Olympus E-M1X

Olympus E-M1X terasa dengan desain baik dan foto – foto yang dihasilkan. Seperti semua kamera micro four thirds, ada baiknya ISO ditekan serendah mungkin walau dengan dukungan camera stabilizer yang sangat mantap.

Kamera Olympus E-M1X merupakan sebuah kamera yang mampu mengungkap detail pada shadows dan highlight. Anda bisa lihat foto jembatan penyeberangan yang dipotret malam – malam. Anda akan dapatkan detail material jembatan yang kecil – kecil dan terlihat sangat jelas disana.

Olympus E-M1X juga mempertahankan performa hebat dari Mark II. Olympus E-M1X memberikan kamera dengan kemampuan raw sebesar 60 fps burst dengan AF  yang terkunci, terdapat 18 fps burst dengan AF tracking dan mode Pro Capture yang fantastis karena dapat merekam sampai dengan 35 frame per detik.

Nah, fitur tersebut semakin mantap dengan terdapatnya sistem autofocus yang terbaru. Anda juga akan dibuat takjub dengan kemampuan tracking dari Olympus E-M1X yang sangat cerdas. Kemudian, ketika Anda gunakan Olympus E-M1X memotret di malam hari, trackingnya dapat mengunci terus menerus dan trik panning yang dilakukan akan menghasilkan foto yang sangat memuaskan.

Video Review Kamera Mirorrless Olympus E-M1X

Berapa harga kamera mirorrless olympus e-m1x ini?Nah, untuk Anda yang tertarik memiliki Olympus E-M1X, Anda perlu korbankan kocek sebesar 49 juta rupiah. Semua fitur memuaskan dari Olympus E-M1X akan Anda bisa gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.