Hp Xiaomi Terbaru dengan Kamera 108MP

Raksasa teknologi China, Xiaomi beberapa saat lalu dirumorkan akan meluncurkan handset mainstream pertama di dunia yang menampilkan kamera 108 megapiksel. Sensor resolusi tinggi ekstra itu sendiri dikembangkan oleh Samsung, yang malah belum menampilkannya dalam produk mereka sendiri. Selentingannya akan ada setidaknya 4 smartphone Xiaomi terbaru yang menggunakan kamera utama 108 MP.

Sedikit kilas balik, Samsung tidak hanya membuat smartphone, tetapi juga memproduksi banyak komponen pendukung. Itu termasuk sensor kamera cerdas untuk ponsel yang bahkan disediakan untuk perusahaan ponsel lain. Perusahaan teknologi asal Korea ini sangat agresif menjual inovasinya yang satu ini yaitu sensor kamera smartphone 108 MP sebagai yang pertama di industri ini. Sensor ISOCELL Bright HMX ini adalah sensor kamera mobile pertama yang melampaui 100 juta piksel.

Samsung mengklaim sensor kamera ini dapat menghasilkan “foto luar biasa bahkan dalam kondisi pencahayaan yang ekstrim.” Karena ukuran sensor 1 / 1,33 inci yang lumayan besar maka dapat menyerap lebih banyak cahaya di kondisi gelap. Sementara teknologi Tetracell yang digunakan akan menggabungkan piksel untuk meniru sensor piksel besar yang menghasilkan gambar 27 MP yang lebih terang. Sensor kamera 108 MP itu juga dilengkapi dengan Smart-ISO untuk secara cerdas menyesuaikan tingkat penguatan amplifier sesuai dengan kondisi pencahayaan. Sementara untuk fungsi video, ia telah mendukung perekaman hingga level 6K (6016 x 3384 piksel) pada 30 fps (bingkai per detik).

Samsung mengatakan sensor gambar ISOCELL Bright HMX adalah hasil kerja sama dengan Xiaomi, saingan smartphone terbesarnya di banyak pasar Asia. Apa ini menunjukkan bahwa sensor canggih itu akan memulai debut pertamanya di ponsel Xiaomi setelah sebelumnya dipasang ke jajaran Samsung Galaxy S20. Perusahaan mengatakan akan mulai memproduksi sensor secara massal tidak lama lagi. Resolusi foto yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa kamera DSLR tingkat atas sekarang dapat dirancang untuk diaplikasikan ke smartphone.

Ini bukan pertama kalinya Samsung membuat sensor kamera baru yang dijual ke pesaingnya sebelum diaplikasikan ke perangkat Galaxy. Sensor gambar ISOCELL Bright GW1 64-megapiksel yang diluncurkan pada Mei tahun 2019 lalu juga memulai debutnya pada ponsel terbaru Xiaomi atau Realme akhir tahun 2019. Sementara banyak penggemar Galaxy mungkin merasa strategi ini membingungkan, itu mungkin merupakan pilihan yang masuk akal untuk bisnis semikonduktor Samsung dari sudut pandang pendapatan.

Berikut adalah beberapa seri smartphone terbaru Xiaomi yang mengunggulkan fitur kamera utama mumpuni 108 MP :

Xiaomi Mi CC9 Pro

xiaomi mi cc9 pro

Xiaomi selalu mengguncang industri smartphone dengan terobosan menarik terbaru mereka. Tak terkecuali Xiaomi Mi CC9 Pro, smartphone yang membawa lima kamera, chipset Snapdragon 730G, dan kapasitas baterai 5.260mAh. Xiaomi Mi CC9 Pro secara tampilan pun memiliki nuansa kelas atas, dengan bagian depan dan belakang terlapisi Corning Gorilla Glass 5, dan bingkai aluminium yang menyatukan semuanya. Perangkat ini memiliki ketebalan dan berat yang lumayan yang mungkin karena kapasitas baterai yang sangat besar dan lima lensa kamera.

Muncul dalam tiga warna, yaitu Magic Green, Phantom Black, dan Ice Aurora harga Xiaomi Mi CC9 Pro dibanderol Rp.7 jutaan dan sementara hanya dipasarkan di dalam negeri China sendiri. CC9 Pro menampilkan layar FHD + AMOLED 6,47 inci, dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Android 9 Pie bertindak sebagai sistem operasi CC9 Pro, dengan MIUI Xiaomi 11.0.2 yang mempercantik tampilan antarmuka. Perangkat pun mendapatkan fitur sidik jari dan penguncian wajah sebagai langkah pengamanan.

Ponsel ini memiliki kamera depan 32MP, sementara bagian belakang mengadopsi sistem penta-kamera, terdiri dari 108MP kamera utama, telefoto 12MP, telefoto 5MP, 20MP ultra-lebar, dan makro 2MP. Kamera depan 32MP Swafoto di Mi CC9 Pro mampu menghasilkan gambar mengesankan, dengan detail yang jelas dan tajam. Bahkan dalam kondisi cahaya redup, selfie cukup lumayan untuk diposkan di media sosial. Sementara untuk kamera belakang, mode foto default menghasilkan gambar yang terlihat alami dan dengan detail yang bisa dipertahankan sesuai aslinya.

Sementara mode 108MP menghasilkan kualitas gambar yang sangat mirip dengan mode foto default. Akan tetapi, itu akan meningkat saat dilakukan cropping karena masih tetap mempertahankan detail dan juga saat diperbesar. Foto dengan cahaya rendah juga bisa diterima. Dalam mode malam, gambar tidak jauh berbeda dari mode default.

Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10 bukan hanya ponsel berkamera 108MP, ini juga merupakan handset dengan harga kompetitif. Ini sebenarnya adalah Mi CC9 Pro versi global. Menggabungkan desain yang hebat dengan baterai besar, pengisian cepat, dan pemindai sidik jari dalam layar. Anda tidak akan mendapatkan ponsel kamera yang lebih tajam dengan harga terjangkau. Mi Note 10 berbeda dengan Mi 9T Pro. Desainnya mirip sekali dengan Huawei P30 Pro.

Tipe hp xiaomi ini perdana akan dijual untuk kawasan Eropa dan Inggris dengan harga sekitar $ 609 atau Rp.8 jutaan. Resolusi kamera super besar itu dimungkinkan dengan penggunaan sensor Samsung Isocell Bright HMX 108MP 1 / 1.33 “. Dengan menggunakan pixel binning, kamera akan memotret pada 27MP secara default, menggabungkan setiap empat piksel menjadi satu. Pengguna pun dapat menghasilkan gambar dengan resolusi 12.032 x 9.024 atau 108,6MP dengan ukuran file sekitar 11-16MB.

Selain sensor utama 108 Mp ada juga dua sensor telefoto ; yang pertama adalah modul zoom 12MP 2x, dengan panjang fokus 50mm dan tanpa OIS. Yang kedua, 5MP f/2.0 dengan fitur OIS,  zoom 5x serta 10x hybrid zoom. Selanjutnya adalah kamera 117  derajat dengan resolusi 20MP untuk lanskap ultra lebar beresolusi tinggi. Ada juga kamera makro 2MP yang, tidak seperti beberapa kompetisi lainnya ia tidak menggunakan fokus tetap. Yang lebih mengesankan adalah kemampuan kamera merekam video gerakan lambat 960fps, meskipun ini hanya merekam cuplikan yang dapat digunakan dalam kondisi yang sangat terang.

Spesifikasi kamera tambahan termasuk kamera selfie 32MP dan pengambilan video hingga 4K pada 30fps, serta ‘mode Vlog’ baru yang menyenangkan yang menciptakan montase pendek lengkap dengan transisi. Mode pemotretan pun cukup lengkap, salah satunya Mode Pro yang akan menawarkan kontrol penuh atas kelima lensa, belum lagi kecepatan rana hingga 32 detik dan ISO hingga 3200. Mode lainnya termasuk Panorama, Malam, Potret, 108M, Video Singkat, dan Gerak Lambat.

Cek Juga Hp Keren Lainnya:

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro disebut pula Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition. Xiaomi Mi Note 10 Pro pun menghadirkan konfigurasi penta kamera. Tiap-tiap sensor membawa kegunaannya sendiri namun ada sensor dengan fungsi sama. Kameranya meliputi kamera utama 108 MP ber-aperture f/1.7. Kamera utama tersebut membawa fitur PDAF, Laser AF, dan OIS serta panjang fokal 25mm. Kamera hebat itu sendiri merupakan produk Samsung bertipe lensa 8P sedangkan pada Mi Note 10 bertipe lensa 7P.

Kemudian sensor kedua yaitu telefoto 12 MP dengan dukungan Dual Pixel PDAF, Laser AF, dan 2x optical zoom. Sensor telefoto selanjutnya berkekuatan 5 MP dengan fungsi 5X optical zoom dan juga mendukung PDAF, Laser AF, dan juga OIS. Kamera tersebut mampu melakukan upscale menjadi 8 MP. Kamera selanjutnya berkekuatan 20 MP dengan aperture f.2.2 sebagai kamera ultrawide berfitur laser autofocus.

Sedangkan kamera keempat yaitu kamera makro 2MP. Kamera utama Mi Note 10 Pro mampu menghasilkan gambar super keren saat mengaktifkan mode kamera 27 MP sebagai mode default. Pengguna pun bisa mengubah ke mode 108 MP meski gambar yang dihasilkan akan terlihat beberapa noise di sana sini. Sedangkan saat digunakan dalam kondisi gelap, kehebatan kamera teruji dengan hasil foto yang bersih dan ketepatan warna bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.