Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa KK (Kartu Keluarga)

Cara Registrasi Kartu Smartfren Tanpa KK (Kartu Keluarga)SemuaTipe.com, Registrasi kartu Smartfren harus diselesaikan supaya SIM card dapat dipergunakan mengakses layanan nelpon, SMS, internet, hingga transaksi online. Mendaftarkan kartu Smartfren ke 4444 itu mudah, hanya dibutuhkan data KK (kartu keluarga). Adakah cara registrasi kartu smartfren tanpa kartu Keluarga?

Merujuk Peraturan Menkominfo No. 12/2016 di situ dinyatakan bahwa setiap pengguna provider seluler diharuskan menyelesaikan registrasi dengan validasi memakai data dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun nomor Kartu Keluarga. Pendaftaran kartu dengan data NIK dan KK (kartu keluarga) tak cuma dikenakan untuk pengguna baru. Pelanggan lama yang belum melakukan pendaftaran dengan NIK dan KK pun harus registrasi ulang.

Registrasi kartu Smartfren dapat diselesaikan dengan memilih cara termudah. Oleh karena itu, untuk pengguna yang belum menyelesaikan pendaftaran kartu Smartfren, tenang saja. Cara registrasi kartu smartfren tanpa KK tetap dapat dilakukan yaitu menggunakan data NIK di KTP. Pendaftaran kartu Smartfren dapat dari situs resmi Smartfren, aplikasi MySmartfren, maupun dengan SMS dengan format tertentu.

Baca: Cara Cek Kuota Smartfren

Saat akan mendaftarkan kartu Smartfren, pengguna bisa menyiapkan dahulu KTP bila memang tak ada KK. Setelah itu pilih salah satu dari empat cara registrasi kartu Smartfren di bawah ini :

cara registrasi kartu smartfren tanpa kk

Registrasi Kartu Smartfren dengan SMS

Sebagai pilihan pertama mendaftarkan kartu Smartfren untuk pengguna baru, silahkan gunakan format berikut ini. Pengguna dapat mengirimkan SMS ke 4444, dengan format NIK#Nomor KK#. Sementara registrasi ulang kartu Smartfren untuk pengguna lama adalah mengirimkan SMS ke nomor 4444, menggunakan format : ULANG#NIK#Nomor KK#. Akan ada SMS balasan yang memberitahukan jika proses registrasi berhasil dilakukan dan kartu Smartfren sudah dapat digunakan.

Registrasi Kartu Smartfren di MySmartfren

MySmartfen adalah aplikasi self service yang dbuat Smartfren untuk kemudahan pelanggannya. Dapatkan dulu aplikasi MySmartfren dari Google Play Store atau App Store, lantas pasang di smartphone yang digunakan. Selanjutnya silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk ke aplikasi MySmartfren, terus tekan tombol Registrasi.
  • Berikutnya, ketikkan nomor Smartfren, NIK, KK, dan biodata yang diperlukan.
  • Lalu, tekan tombol “Lanjut” dan nantikan sampai memperoleh pemberitahuan jika registrasi yang dilakukan sudah berhasil.

Registrasi Kartu Smartfren dari Web

Pilihan cara ini dilakukan online dengan mengakses website resmi Smartfren. Untuk prosedurnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke link berikut https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php dari peramban di laptop atau smartphone.
  • Di tampilan depan website, ketikkan biodata yang diminta misalnya data NIK, KK, dan lainnya pada lembar isian registrasi kartu Smartfren.
  • Berikan tanda centang sebagai tanda setuju syarat dan ketentuan penggunaan kartu Smartfren. Selanjutnya ketikkan kode Captcha yang ditampilkan.
  • Paling akhir, tekan tombol “Lanjut” lalu nantikan sampai memperoleh pesan di nomor Smartfren jika registrasi berhasil.

Registrasi Kartu Smartfren di Galeri Smartfren

Jika pengguna masih kesulitan dengan pilihan cara registrasi kartu Smartfren tadi, mereka dapat segera mendatangi gerai Galeri Smartfren terdekat. Pihak Smartfren akan membantu pengguna dalam menyelesaikan registrasi kartu. Jangan lupa untuk membawa data diri yang diperlukan seperti KTP dan KK. Bisa berupa fotokopiannya saja.

Sesudah menyelesaikan registrasi, pengguna pun dapat mengecek kartu Smartfren yang telah terdaftar itu. Cara mengeceknya yaitu menggunakan fasilitas SMS dimana pelanggan tinggal mengetikkan : CEK lalu dikirimkan ke nomor 4444. Notifikasi akan didapatkan yang memberitahukan apakah nomor itu sudah terdaftar atau belum.

About the Author: