Apa Itu iPhone HDC? Apakah Bagus dan Aman?

Apa itu iPhone HDC. HDC kepanjangannya yaitu Hand Copy Draw atau pengertian mudahnya replika atau KW. Jadi iPhone HDC yaitu iPhone tiruan alias KW. Ini bukan produk dari Apple. Apakah bagus? Ini  bukan iPhone original sehingga kualitasnya pun dipertanyakan, berbeda dengan iPhone asli.

apa itu iphone hdc

Perbedaan iPhone HDC dengan iPhone Original

Harga iPhone HDC biasanya lebih murah dibanding Hp iPhone original. Misalnya saja di martketplace lokal, iPhone 13 Pro Max Ultimate HDC ditawarkan seharga mulai Rp 2 jutaan. Dilihat dari tampilan, iPhone HDC itu sama dengan iPhone original. Hanya saja bila dilihat fitur dan spek, iPhone HDC berbeda. Berikut perbedaan iPhone HDC dengan iPhone original.

  • Tanpa App Store : : iPhone HDC menawarkan antarmuka serupa dengan iPhone asli misalnya logo aplikasi sampai posisi opsi, boleh dibilang serupa. Perbedaan iPhone HDC dengan iPhone asli diantaranya ketika mengakses aplikasi App Store ataupun iTunes. Toko aplikasi itu sudah dimodifikasi agar terlihat serupa dengan yang original. Kedua aplikasi tadi saat dijalankan justru terkoneksi ke Google Play Store. Meskipun, Google Play sendiri adalah toko aplikasi untuk hp Android.
  • Tanpa dapat log-in ke akun Apple ID dan iCloud : Jadi iPhone HDC seringnya tak memakai account Apple ID untuk akun pengguna. Akun pengguna perangkat iPhone HDC ini justru memakai akun Google. Karena tak memiliki Apple ID, otomatis iPhone HDC tak dapat memanfaatkan fitur penyimpanan cloud dari Apple yaitu iCloud.
  • Tak dapat dikoneksikan ke iTunes : iPhone HDC pun tak dapat dikoneksikan ke iTunes PC atau laptop. iTunes adalah aplikasi untuk menyambungkan perangkat Apple ke PC supaya dapat mengirim file musik.
  • Tanpa dukungan Siri : iPhone HDC tak support fitur asisten suara Siri. Oleh karena itu, pengguna tak akan mendapati Siri dalam iPhone HDC. Siri adalah fitur untuk melayani instruksi suara dari pengguna. Siri adalah diantara fitur unik yang ditemui bilamana pengguna memakai iPhone, iPad, ataupun Macbook asli.
  • Menjalankan OS Android : iPhone KW ini tak menjalankan iOS. Umumnya iPhone HDC memakai OS Android namun dimodifikasi suguhan antarmuka yang dirancang semirip mungkin dengan iPhone original
  • Tak teregistrasi dalam website garansi produk Apple : iPhone KW itu jelas tak terdaftar dalam laman garansi Apple di alamat checkcoverage.apple.com. Apakah aman menggunakan iPhone KW? Yang pasti produk KW tak akan mendapatkan jaminan garansi kala terjadi kerusakan. Setiap produk Apple original akan punya garansi resmi. Sementara iPhone HDC diberikan garansi oleh Platinum yang bertindak sebagai distributor di Indonesia. Platinum sendiri bukan sebagai partner resmi Apple. Garansi iPhone resmi dapat dicek dengan mengetikkan nomor IMEI iphone atau nomor seri perangkat. Bila iPhone tersebut asli buatan Apple maka detil garansi akan ditampilkan di website ini. Sebaliknya, kalau iPhone KW atau replika tentu status garansi tak akan ada di website itu usai menginput nomor IMEI atau nomor seri. Apakah ada IMEI untuk iPhone HDC ini? Meski tercetak nomor IMEI di bodinya namun kemungkinan IMEI itu diblokir ketika digunakan di Indonesia sebab dianggap masuk secara illegal.

Di samping perbedaan tadi, pengguna iPhone original pun dapat langsung merasakan kualitas bahan iPhone HDC yang tak se premium iPhone asli. Umumnya fisik iPhone HDC memakai material yang ringan dan tak cukup solid.

Lalu, layar iPhone HDC umumnya pun tak begitu responsif. iPhone HDC tentu saja menawarkan harga yang jelas lebih murah dibanding iPhone versi original.Intinya kualitas iPhone HDC tak menyamai dengan yang orisinil. Kualitas iPhone HDC pun tak dapat ditentukan baik atau buruknya. iPhone HDC umumnya tanpa melalui mekanisme pengecekan kualitas dari lembaga atau instansi resmi agar mendapatkan sertifikasi perangkat elektronik.

About the Author: