Ini Alasan Oppo A57 Tetap Layak Dipilih Di Tahun 2024 Ini

oppo a57Meski termasuk produk lama, Oppo A57 masih mendapat hati banyak konsumen di tahun 2024 ini. Inilah ponsel murah dengan fitur-fitur yang cukup menarik seperti speaker stereo dan baterai 5000 mAh yang sudah dilengkapi cas fast charging 33W. Itu saja? Tentu saja tidak, berikut review kelebihan Oppo A57 yang membuatnya cukup berharga dijadikan pilihan perangkat dalam menemani aktifitas sehari-hari.

Desain dan Layar

 

Oppo A57 4G tampil dengan desain tepi datar berikut frame tipis dengan ketebalan hanya 7,99mm yang menjadikannya nyaman dalam genggaman. Penutup belakang menghadirkan lapisan matte yang keren yang tak mudah meninggalkan noda sidik jari. Meski materialnya hanya terbuat dari plastik namun terasa sangat kokoh di tangan. Keseluruhan rancangan Hp ini memang cukup cantik dan mewah.

Display terbuat dari panel IPS berbentang 6,56 inch yang menghadirkan resolusi HD+ atau 1612 x 720 piksel. Layar ini pun dilengkapi fitur AI Eye Comfort beserta fitur reduksi cahaya biru.

Bezel tepi yang mengelilingi layar cukup tipis. Bezel bagian atas menawarkan desain lengkungan titik embun yang kecil sebagai tempat lensa kamera selfie dan celah speaker sekunder. Di bagian kiri unit terlihat tombol volume dan SIM slot. Sementara di area kanan dijumpai tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Tak ada apa pun di area atas, namun pada bagian bawah, terpasang jack headphone, port USB-C, mikrofon, dan speaker.

Lazada Epic Birthday

Kamera

 

Oppo A57 memboyong format kamera ganda yaitu lensa utama 13MP ditambah lensa sekunder monokrom 2MP. Ponsel Oppo ini pun membawa lensa selfie 8MP dalam notch di bagian atas layar. Kamera tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur standar mulai dari HDR, filter warna, mode malam, potret, video, pro, panorama, stiker AR dan time lapse. Penggunaan kamera di siang hari, menghasilkan performa kamera yang cukup memadai dengan kualitas foto memuaskan.

Warnanya terlihat mencolok dan menghasilkan eksposur yang baik, hanya saja agak pudar apabila terlampau terang. Ketika situasi cahaya temaram, kualitas foto agak bermasalah dimana hasilnya menunjukkan sedikit noise, ditambah ketajaman maupun detail yang agak menurun. Warna yang diproduksi pun agak redup. Selfie mampu memberikan warna gambar yang bagus dimana warna kulit terlihat menyenangkan. Cocok bila hasil foto tersebut diunggah ke media sosial.

Performa

 

OPPO A57 4G diperkuat MediaTek Helio G35 beserta RAM 4GB lalu ada juga storage onboard 64GB. Storage tadi pun bisa diekspansi menggunakan kartu microSD apabila pengguna menginginkan lebih banyak space penyimpanan. Pengguna pun bisa meningkatkan lebih banyak RAM dengan fitur RAM Expansion. Itu di-set 1GB untuk default, namun pengguna bisa meningkatkan ke 2GB atau 4GB lebih besar. Hanya saja perlu diingat jika pengguna menambahkan RAM virtual, maka otomatis memakan ruang penyimpanan yang tak digunakan. Bila ingin menyesuaikan RAM virtual, tinggal akses menu Pengaturan> Tentang perangkat> RAM kemudian tentukan berapa banyak yang hendak dialokasikan. Selanjutnya restart perangkat supaya pengaturan baru tadi diaplikasikan.

Perangkat ini beroperasi dengan ColorOS 12.1, berplatform Android 12. Interface-nya terlihat clean dimana ikonnya dibuat aneka warna. Hanya saja, perangkat ini dijejali banyak aplikasi bloatware diantaranya folder Hot Apps lalu juga Hot Games. Pengguna tinggal mencopot pemasangan aplikasi yang memang tak digunakan. Secara performa, Oppo A57 tetap lancar digunakan memanikan game-game kasual, namun tidak usah berharap terlalu banyak apabila ingin memainkan game yang mempunyai grafis berat. Game Call of Duty Mobile, umpamanya, bisa dijalankan dengan lancar bila menggunakan setting grafis rendah. Demikian juga untuk Mobile Legends: Bang Bang, yang menghadirkan gameplay yang cukup smooth dan responsif, pastinya dengan setting grafis yang realistis.

About the Author: